RSS

Key Success Factor

30 Oct

Assalamu’alikum Wr Wb

بِسِمِ اللهِ الرَحْمنِ الرَحِيْمِ

Sebuah perusahaan sudah selayaknya menerapkan strategi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai perusahaan. Strategi tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi yang mampu dicapai perusahaan. Sehngga strategi tersebut harus disesuaikan dengan realitas suatu perusahaan. Stretegi-strategi ersebut merupakan slaah satu kunci suksesnya perusahaan (Key Success Factor).

(Key Success Factor)nformasi penting yang bersifat finansial maupun non-finansial yang ada dalam perusahaan dan mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan. Merupakan faktor-faktor kompetitif yang mempengaruhi kemampuan sejumlah industri untuk berkembang di pasar.

1.Strategic Necessities

Faktor yang tidak memberi nilai tambah, karena wajib dimiliki oleh semua perusahaan. Oleh karena itu, jika perusahaan tidak memiliki faktor ini maka akan menjadi kelemahannya.

2.Strategic Strengths

Faktor  ini bersifat khusus untuk massing-masing perusahaan. KSF yanng berbeda sesuai dengan kemampuan perusahaan untuk mempertahankan posisi pasar dan kemampuannya, sehingga mjd keunggulannya dibanding perusahaan lain

Untukl membuat KSF memerlukan beberapa tahapan sebgai berikut :

1. Melakukan analisis strategik thd perusahaan dgn menggunakan analisis SWOT
2. Mengembangkan ukuran yg relevan dan dapat diandalkan dalam critical success factor yg telah diidentifikasikan dlm langkah pertama.
3. Mengembangkan sistem informasi biaya strategik untuk mendukung strategi perusahaan secara keseluruhan dan sebagai pelaporan.
Berikut contoh-contoh KSF
Organizational Culture (Budaya Organisasi)
Alignment
Review dan update –peninjauan strategi scr terus menerus
Communicating and reporting – komunikasi yg jelas dan umpan balik yg tepat serta sistem informasi

Involvement of employee – keterlibatan karyawan dari atas ke bawah dalam pengembangan ukuran

Management understanding – pendidikan dan pelatihan, strategik awareness bagi manajer
Compensation – kompensasi, reward, insentif
Clear and balanced framework – kerangka kerja yg seimbang, balance score card
Management leadership and commitment
Agreement on strategy and success map
Data process and IT support
Target setting
•Budget link
•Management support system

•Industry and business measure

KSF juga memiliki karakteristik sebagai berikut :
•Menjelaskan kesuksesan dan kegagalan unit bisnis
•Dapat berubah dengan cepat, meskipun alasan dan penyebabnya tidak dapat dikendalikan
•Perubahan tidak dapat diprediksikan
•Adanya tindakan yang cukup berarti apabila terjadi perubahan

•Variabelnya dapat diukur secara langsung

Demikian.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.
 
2 Comments

Posted by on October 30, 2012 in Materi

 

2 responses to “Key Success Factor

  1. azqya

    November 12, 2012 at 8:02 am

    sy sedang mengerjakan skripsi dan mengalami kesulitan. apakah untuk menentukan csf itu harus membbuat kpi nya dulu?? mohon cara dan contohnya. Sy sedang meniliti strategi pemasaran pada sentra usaha kecil menengah (kerajinan tangan).. mohon bantuannya dalam cara menentukan faktor2 tersebut.

     
    • brankaseverest

      November 15, 2012 at 3:08 am

      emmm…maaf tidak bisa bantu banyak..untuk lebih jelasnya mungkin bisa cari buku saja. Kemaren kemaren udah aku tanyain ke temen mendiingan cari bukunya. terimakasih kunjungannya.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Dedhy Kurniawan

Dedhy Mhey

a portrait of memories

imitation of life

Laris Abadi

Laris Abadi Works

My Site The Munawar

Tersenyumlah Karena Ku Tau Senyummu Itu Indah

%d bloggers like this: