RSS

Strategi Pemasaran 7P

05 Oct

Assalamu’alaikum Wr Wb

Sebuah usaha sudah pasti menginginkan semua produknya terjual sesuai dengan target yang direncanakan. Baik itu rencana jangka pendek, mengenah ataupun rencana jangka panjang. Perusahaan harus mempertimbangkan banyak faktor untuk mencapai tujuan tersebut agar tercapai sesuai rencana. Meskipun tidak semua aspek berlaku didunia nyata, akan tetapi teori yang ada bisa dikatakan mewakili berbagi faktor yang mempengaruhi stretegi pemasaran suatu usaha.

Dalam pembahasan kali ini adalah mengenai Strategi Pemasaran berdasarkan 7P. Ke-7nya adalah sebagai berikut : Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), dan Process (Proses). Meskipun tidak mendetail, akan tetapi akan saya berikan penjelasan secara singkat.

Product (Produk)

Produk merupakan komponen utama yang mendasari pemasaran suatu perusahaan. Karena dibuatnya suatu produk, maka sebuah usaha mempunyai misi bagaimana caranaya produk yang diproduksi dapat dijual. Akan tetapi produk saja tidak cukup, akan tetapi sebuah produk harus memiliki kualitas dan kuantitas. Kuantitas berarti dapat memenuhi kebutuhan pasar sedangkan kualitas adalah produk itu mamapu memuaskan keinginan Customers sebgai pengguna produk yang kita produksi. Sehingga perusahaan harus mampu memproduksi membuat produk yang mampu menjawab keinginan pelanggan. Terkait pembuatan produk, maka perusahaan memerlukan harus bekerjasama dengan bagian informasi perusahaan supaya produksi yang dialakukan tidak salah sasaran.

Price (Harga)

P yang ke dua adalah Price (harga). Maksudnya adalah harga sebuah produk harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat produk tersebut diapsaarkan. Research pasa perlu dilakukan agar penetapan harga suatu produk sesuai dengan daya beli lingkungan. Karena tanpa pertimbangan tersebut bisa jadi suatu produk tidak akan laku dipasaran.

Place (Tempat)

Tempat yang strategis merupakan salah satu kunci suskses pemasaran suatu produk. Terkait dengan temapat perusahaan harus mamapu memilih lokasi yang mampu dijagkau oleh siapa saja. Sehingga pelanggan tidak merasa kesulitan untuk menjangkau tempat tersebut. Selain itu sarana parkir merupakan fasilitas yang tidak boleh ditinggalkan.

Promotion (Promosi)

Promosi merupakan tahapan memperkenalkan suatu produk kepada Customers. Pada tahapan ini tidak jarang sebuah perusahaan memerlukan pengeluaran yang besar uintuk promosi tersebut. Promosi mutlak dilakukan oleh sebuah perusahaan, karena meski produk yang dihasilkan perusahaan memlikiki kuantitas dan kualitas yang memenuhi permintaan pasar, akan tetapi bisa jasa tidak laku karena produk yang kita buat tidak banyak orang yang mengetahuinya. Pada kenyataa saat ini teknologi informasi sudah sangat kompleks, sehingga mengenai media promosi yang diguanakan tentunya disesuaikan dengan target pasar dan kemampuan yang dimiliki perusahaan untuk melakukan promosi.

People (Orang)

Pada awalnya strategi penjaualan hanya menggunakan 4 prinsip di atas. Akan tetapi dalam perkembangannya manusia menjadi salah satu strategi yang perlu diperhatikan dalam strategi pemasaran produk. Manusia bisa menjadi kunci ketika kualitas suatu produk dipengaruhi baik langsung manupun tidak langsung oleh manusia. Sehingga jaminan kualitas produk memperhatikan manusia yang ikut andil dalam pembuatan produk tersebut atau bahkan dalam pendistribusian dan pemasaran secara langsung. Etos kerja serta pelayanan terhadap pelanggan baik secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap pemasaran suatu produk.

Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik merupakan salah satu faktor yang tidak harus ada, meskipun suatu perusahan pasti memiliki bukti fisik dari usaha yang dijalankan. Bukti fisik sebuah usaha bisa dijadikan sebagai dasar penentuan harga karena terkait untuk menutup pembelian peralatan tersebut.

Process (Proses)

Yang terakhir adalah proses.  Proses disisni tidak hanya terbataqs pada pembuatan produk dari bahan yang mentah samapai barang jadi, akan tetapi dari hilir samapai ke hulu. Dari pen-Supply bahan baku samapai pada pelanggan yang menikmati hasil produksi perusahaan.

Demikian penjelasan singkat mengenai 7P strategi pemasaran. Semoga bisa menjadi acuan buat wirausahawan baru yang sedang mengembangkan produknya. Jika banyak kesalahan mohon dibenarkan.

Terimakasih..

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

About these ads
 
4 Comments

Posted by on October 5, 2012 in Materi

 

4 responses to “Strategi Pemasaran 7P

  1. feri firmansyah

    October 7, 2013 at 1:46 am

    banyak kata kata yang salah gan… sayang sekali kalau isi materinya baik namun dalam penyajiannya masih kurang….
    terima kasih

     
    • brankaseverest

      October 8, 2013 at 1:24 am

      oke mas bro, thanks buat masukannya..insyaAllah di perbaiki ke depan.

       
  2. Pengertian Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli

    June 3, 2014 at 8:53 pm

    thanks ya mas bro atas ilmunya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Dedhy Kurniawan

Dedhy Mhey

a portrait of memories

imitation of life

laris abadi

Bengkel Cat dan Bodykit Mobil Jogja

My Site The Munawar

Tersenyumlah Karena Ku Tau Senyummu Itu Indah

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: